Kamis, 23 Juli 2015

Teori-Teori Kognitif

Jika teori-teori Psikoanalisis menekankan pentingnya ketidaksadaran, teori-teori kognitif justru menekankan pikiran-pikiran yang disadari. Ahli-ahli teori kognitif berpendapat bahwa belajar adalah hasil usaha individu untuk mengerti dunia. Caranya adalah dengan memanfaatkan semua alat mental yang dimiliki. Seseorang dapat memahami dunia dari caranya memaknai dunia tersebut. 

Dalam hubungannya dengan belajar, dalam pendekatan kognitif belajar dianggap sebagai sesuatu yang aktif. Individu berinisiatif mencari pengalaman untuk belajar, mencari informasi untuk menyelesaikan masalah, mengatur kembali dan mengorganisasi apa yang diketahui untuk mencapai pelajaran baru. Atau meskipun secara pasif dipengaruhi lingkungan, orang akan aktif memilih, memutuskan, mempraktikkan, memperhatikan, mengabaikan, dan membuat respon lain untuk mengejar tujuan. Pada pendekatan kognitif yang paling penting adalah bagaimana individu belajar, menerima informasi dan mengingat.



Teori-teori Kognitif antara lain:

I.     Teori Perkembangan Kognitif dari Piaget

Jean Piaget (1896-1980), seorang psikolog berkebangsaan Swis, mengajukan sebuah teori penting mengenai perkembangan kognitif. Piaget's Theory menyatakan bahwa individu secara aktif membangun pemahaman mengenai dunia. Piaget mengemukakan bahwa perkembangan kognitif berlangsung dalam urutan empat tahap perkembangan kognitif yang mengikuti usia anak. Dan setiaptahap yang terkait usia ini mengandung cara berfikir yang berbeda.Cara berfikir atau cara memahami dunia yang berbeda inilah yang membuat sebuah tahap lebih tinggi dibanding tahap yang lain-HANYA sekadar memiliki informasi yang lebih banyak tidak berarti membuat pemikiran seseorang lebih tinggi. Tahap perkembangan kognitif menurut Piaget:
  1. Tahap Sensorimotor (lahir-2 tahun)
  2. Tahap Praoperasional (2 tahun-7 tahun)
  3. Tahap Operasional Konkret (7 tahun-11 tahun)
  4. Tahap Operasional Formal (11 tahun-15tahun)                (lanjut membaca. .)

II.   Teori Kognitif Sosio-Budaya dari Vygotsky

III. Teori Pemrosesan Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar