Jumat, 24 Juli 2015

MANUSIA - MASYARAKAT

Manusia
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri atas tubuh dan jiwa sebagai suatu kesatuan yang utuh dan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk-makhluk lain. Kesempurnaan itu terletak pada akal dan adab yang dimiliki manusia. Manusia beradab karena dalam jiwanya dilengkapi dengan akal, nurani, dan kehendak. Manusia sebagai makhluk Tuhan, selain memiliki kehidupan yang bersifat material juga memiliki kehidupan yang bersifat spiritual-pada hakekatnya!.
Selain itu manusia diciptakan dalam sebaik-baiknya bentuk, berbeda dengan makhluk Tuhan yang lainnya. Hal yang membedakannya dapat dilihat dari perbedaan tingkah laku manusia dengan makhluk lain, yaitu antara lain:
  • -Sebagian besar kelakuan manusia dikuasai oleh akal, sedangkan hewan oleh nalurinya
  • -Sebagian besar kehidupan manusia dapat berlangsung dengan bantuan peralatan kerja sebagai hasil kerja akal/ dibuat oleh manusia itu sendiri (homo faber)
  • -Sebagian besar kelakuan manusia diperoleh dan dibiasakan melalui proses belajar, sedangkan hewan hanya dari naluri
  • -Manusia mempunyai lambang, manusia dapat berbicara (homo languens) baik secara lisan maupun tulisan untuk berkomunikasi, sedangkan hewan tidak
  • -Manusia dapat bermasyarakat (homo socius) dan berbudaya (homo humanis), manusia bermasyarakat dengan sistem tata tertib yang diciptakan untuk bersama
  • -Manusia memiliki perasaan intelektual dan rasa ingin tahunya tinggi sehingga pengetahuannya terus bertambah
  • -Sebagai bagian dari masyarakat, manusia juga mengadakan usaha (homo economicus) untuk memenuhi kebutuhannya
  • -Manusia memiliki kepercayaan dan atau agama (homo religius) karena menyadari adanya kekuatan gaib yang besar diluar dirinya.
  • -Manusia memiliki perasaan estetis (berkaitan dengan keindahan), perasaan etis (menyangkut moral atau baik-buruk), dan memiliki perasaan akan harga diri.
(lanjut membaca. .





Masyarakat
Masyarakat berasal dari bahasa Arab "syaraka" yang berarti ikut serta berpartisipasi. Jadi masyarakat adalah sekumpulan orang-orang yang bersatu dan disatukan oleh kebudayaan yang sama  atau  sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang dianggap sama.

Masyarakat adalah sekelompok orang, sekurang-kurangnya memiliki bersama kebudayaan yang jelas, menempati wilayah tertentu dalam waktu yang relatif lama, memiliki perasaan kebersamaan dan persatuan dan dapat dibedakan dengan kelompok masyarakat yang lain.

Masyarakat sebagai wadah pemanusiaan individu
Manusia hidup bermasyarakat karena manusia juga merupakan makhluk sosial, yang selalu memerlukan bantuan orang lain dalam hidup maupun pemenuhan kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan ber-masyarakat terdapat norma-norma atau aturan yang berlaku untuk semua anggota masyarakat. Norma-norma dibentuk bertujuan untuk membuat hidup yang harmonis dan tenteram di masyarakat. Jika tidak ada masyarakat = tidak ada norma, maka individu dapat bersikap semaunya. Dan dapat dikatakan masyarakat menjadi wadah atau sarana memanusiakan individu dengan norma-norma dan aturan yang berlaku di dalamnya.

Menurut Elwood, faktor-faktor yang dapat menyebabkan manusia hidup bersama adalah:
a. Dorongan mencari makan. Kegiatan untuk mencari makan tentu akan lebih mudah jika dilakukan dengan bekerja bersama
b. Dorongan untuk mempertahankan diri dalam keadaan tertentu yang memerlukan kerjasama
c. Dorongan untuk melangsungkan atau mempertahankan jenis



Syarat-syarat suatu masyarakat, antara lain:
  1. Harus ada pengumpulan manusia dan harus banyak
  2. Telah bertempat tinggal dalam waktu yang lama dalam suatu daerah/ wilayah tertentu
  3. Adanya aturan atau undang-undang yang mengatur mereka demi kepentingan bersama.
(lanjut membaca. . ->masyarakat menurut beberapa ahli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar