TEORI PERKEMBANGAN
Dalam postingan kali ini kita
akan membahas sedikit masalah mengenai “Teori Perkembangan” yang merupakan
bagian dari matakuliah Perkembangan Peserta Didik yang pernah saya pelajari di
semester yang sudah lalu.
Bahasan mengenai Teori
Perkembangan ini antara lain mengenai:
a. Teori Psikoanalisisb. Teori Kognitif
c. Teori Perilaku dan Kognitif Sosial
d. Teori Kontekstual Ekologis
dan ada juga bahasan mengenai Orientasi Teoretis Eklektik (pendekatan eklektik) di bagian terakhir. .
Dalam masing-masing teori
tersebut terdapat hal-hal yang dianggap penting. Dalam teori Psikoseksual
Freud, proses-proses biologis dan proses-proses emosional merupakan hal yang
dianggap penting dalam melihat perkembangan.
Proses-proses emosional juga dianggap
penting dalam teori Psikososial Erikson, teori Kontekstual Ekologis, teori
Perilaku dan Sosial Kognitif, dan teori
Kognitif Sosio-budaya Vygotsky.
Teori Vygosky dan teori
Kognitif Sosial dalam hal- selain mementingkan proses-proses emosional juga
mementingkan proses-proses kognitif tentunya.
Sedangkan teori lain yang
mementingkan proses-proses kognitif saja yaitu teori Pemrosesan Informasi dan
teori Piaget.
Untuk penjelasan masing-masing teori silahkan klik link yang ada di atas!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar